YAYASAN INSAN AL-MUMTAZ KARAWANG
RAUDHATUL ATHFAL INSAN AL-MUMTAZ SUKAKERTA
Alamat : Dusun Cermin Barat Rt 003 Rw 001 Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang, 41384, HP. 0856 1221 366
PROPOSAL
PENDIRIAN
RAUDHATUL ATHFAL
INSAN
AL-MUMTAZ
STUDI
KELAYAKAN PENDIRIAN RAUDHATUL ATHFAL
INSAN
AL-MUMTAZ
Nama Madrasah yang akan didirikan : Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz
Nama Calon Kepala Madrasah : Anwar Musyaddat, M.Pd.I
Alamat Kepala Madrasah : Desa Rawagempol Kulon
Alamat madrasah : Dusun Cermin
Barat RT 03 RW 01 Desa Sukakerta
Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang
Nama Yayasan penyelenggara : Yayasan Insan Al-Mumtaz Karawang
Alamat Yayasan penyelenggara : Desa Sukakerta
Nama Notaris Pembuat Akte : H. LUTFI EFFENDI,
SH.,M.Kn
A. Latar
Belakang dan Tujuan
Latar Belakang
Salah satu penyebab merosotnya kualitas Masyarakat
Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, yang dalam hal ini dapat diartikan
sebagai kurang efektivitasnya proses pembelajaran yang dikembangkan di sebuah
lembaga. Penyebabnya adalah berasal dari siswa itu sendiri, metode yang
diterapkan, lingkungan belajar dan faktor lainnya. Minat motivasi siswa yang
rendah kemudian keterbatasan sarana dan prasarana akan menyebabkan proses
pembelajaran kurang efektif dan efesien yang endingnya akan memberikan dampak
negatif bagi output lembaga yang bersangkutan.
Anak merupakan amanah yang harus mendapatkan
perhatian, terutama dalam hal pendidikan. Peran aktif orang tua, sekolah dan
lingkungan sekitar sangat dibutuhkan karena setiap anak yang dilahirkan adalah
fitrah dan suci. Maka untuk menjaga fitrah yang dibekalkan tersebut diperlukan
adanya pendidikan.
Anak pada usia pra-sekolah sangat potensial dalam
menerima dan menangkap semua informasi dan pengaruh lingkungan sekitar. Oleh
karena itu, dalam usia pra-sekolah dibutuhkan adanya lembaga pendidikan yang
mampu membina akal, mental, jasmani dan rohani yang sesuai dan terarah.
Mendirikan,
membina dan mengembangkan lembaga Pendidikan formal dan Non formal yang efektif
dan efisien, merupakan kewajiban kita bersama sesuai dengan cita-cita dan
tujuan Pendidikan Nasional yakni pembangunan pendidikan diarahkan untuk
meningkatkan harkat dan martabat manusia serta meningkatkan pemerataan
kesempatan memperoleh pendidikan.
Menyadari akan pentingnya hal tersebut dan didorong
oleh tanggung jawab terhadap pembinaan anak menuju generasi yang diinginkan
dimasa yang akan datang. Maka atas dasar musyawarah mufakat Yayasan Baiturrohim Assalafi yang berada di Dusun Cermin Barat RT 05 RW 02
Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang, Berinisiatif untuk mendirikan Raudhatul Athfal (RA) “Insan Al-Mumtaz”
yang beralamat di Dusun Cermin Barat RT 03 RW 01 Desa Sukakerta
Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Dan bermaksud
mengajukan permohonan Izin operasional Pendidikan RA/TK agar dalam penyelenggaraannya
memperoleh pengakuan secara hukum.
Tujuan Pendirian
RA/TK “Insan Al-Mumtaz” Dusun Cermin Barat RT
03 RW 01 Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang ini mempunyai tujuan :
- Membantu Pemerintah dalam
bidang Pembinaan mental spiritual sejak usia dini
- Membantu Pemerintah dalam usaha
Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dengan memajukan Pendidikan Agama dan Umum.
- Membantu Pemerintah dalam
menyiapkan kader-kader bangsa yang bermoral dan berakhlaqul karimah
(Berkarakter).
- Membina dan
mengantarkan rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat sekitar pada
khususnya pada pendidikan yang lebih bermutu, berwawasan luas, berakhlaqul
karimah dalam rangka usaha mencerdaskan kehidupan anak bangsa dan
tercapainya tujuan pendidikan nasional.
- Menindak lanjuti
cita-cita pendidikan formal yang ada di Yayasan Baiturrohim Assalafi dari
usia dini hingga perguruan tinggi.
B. Bentuk dan Nama Madrasah
Adapun nama dan bentuk lembaga pendidikan ini adalah sebagai
berikut:
- Lembaga
pendidikan formal yang diberi nama Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz yang
selanjutnya disingkat RA. Insan Al-Mumtaz.
- Raudhatul Athfal
berlokasi di bawah naungan Yayasan Baiturrohim Assalafi yang berada di
Dusun Cermin Barat RT 05 RW 02 Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan
Kabupaten Karawang
- Pada prinsipnya
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz didirikan sejak tahun 2017 dan telah
beroperasi pada tanggal 10 Juli 2017 tahun pelajaran 2017-2018 walaupun
secara prosedural idzin opertasional belum turun.
- Bentuk logo RA Insan
Al_Mumtaz adalah:
Makna dari Logo RA INSAN AL_MUMTAZ
Rumah sebagai suatu hal yang bisa menciptakan kenyamanan, kehangatan, dan
kebahagiaan dalam hati.
Daun warna Hijau melambangkan arah
kepemimpinan yang tegas, berintegritas, dan terarah menuju pertumbuhan Raudhatul
Athfal yang sehat dan dinamis dengan semangat sholat lima waktu.
Kitab / Buku
melambangkan Kemauan peserta didik RA Insan Al_Mumtaz untuk belajar dengan
giat demi kemajuan dan kesuksesan di dunia dan akherat
Tulisan
Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz melambangkan sebagai Nama Lembaga Raudhatul
Athfal Insan Al_Mumtaz
|
|
Bintang warna kuning
symbol lapisan langit, artinya seluruh ilmu yang dikembangkan bertujuan utama
membuka ruang-ruang langit, menuju cahaya asrsy tempat bersemayamnya Allah
SWT sang pemilik Ilmu
|
C.
Gambaran Tata Ruang Lokasi Madrasah
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat menjamin
keamanan warga sekolah dari terjadinya ancaman bahaya dan
kecelakaan. Keamanan Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz meliputi lingkungan
madrasah yang kondusif (gedung sekolah, kelas, perpustakaan, ruang bermain,
peralatan dan halaman), serta warga sekitar yang harmonis. Warga Raudhatul
Athfal Insan Al-Mumtaz sebisa mungkin selalu berusaha menciptakan keamanan dan
menjaga sekolah dari segala kemungkinan buruk yang akan terjadi kepada fisik
maupun psikis warga madrasah dengan membentuk tim keamanan Madrasah.
Keamanan Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz dilihat dari
struktur bangunannya masih kuat dan kokoh, jauh dari kemungkinan terjadinya
insiden kecelakaan akibat bangunan rusak seperti benda-benda yang jatuh, termasuk bahan-bahan berbahaya, baik di
dalam maupun di luar bangunan. Sarana
dan prasarana yang baik yang mampu melindungi warga sekolah dan lingkungan
disekitarnya dari bahaya bencana. Desain ruangan madrasah memudahkan untuk mengevakuasi
orang dalam keadaan darurat secara aman dari dalam
bangunan ke tempat yang lebih aman (pintu cukup, mudah dibuka, jalan darurat).
Lingkungan Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat bersih dengan menyediakan tempat
pembuangan sampah berupa tong-tong sampah dan tempat pengumpulan sampah akhir
yang dijaga petugas kebersihan Madrasah. Selain itu disediakan juga sistem
sumur resapan air untuk mengaliri air hujan agar tidak menjadi genangan air
yang dapat menjadikan kotor lingkungan Madrasah, atau bahkan membahayakan
apabila didiami oleh jentik-jentik nyamuk.
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz mempunyai lingkungan
yang bersih, sehat serta indah dengan dihiasi tanaman-tanaman hias, dan
pohon-pohon rindang yang menyejukkan. Adapun kriteria Raudhatul Athfal Insan
Al-Mumtaz sebagai berikut:
- Kepadatan ruang
kelas yang nyaman dan memberi ruang gerak yang cukup bagi siswa, kondisi
kelas yang tidak padat sehingga memudahkan prosedur evakuasi saat keadaan
darurat.
- Tingkat
kebisingan di lingkungan sekolah 45 desibel (setara dengan suara orang
mengobrol dengan suara normal)
- Memiliki lapangan
olah raga.
- Memiliki
lingkungan sekolah yang bersih, rindang dan nyaman.
- Memiliki sumber
air bersih yang memadai.
- Memiliki
ventilasi kelas yang memadai.
- Pencahayaan kelas
yang memadai (harus cukup terang).
- Memiliki toilet
dan kamar mandi bersih.
- Menerapkan
kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah.
D. Gambaran Kondisi
Geografis Lokasi Madrasah
- Aman Dari Bencana
Lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat
strategis dipandang dari salah satu faktor pendidikan, yaitu lingkungan yang
representatif, aman dan jauh dari keributan dan kebisingan seperti halnya di
kota, madrasah ini terletak jauh dari keramaian kota, kurang lebih 30 km dari
kabupaten tepatanya lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz berada di Dusun
Cermin Barat RT 05 RW 02 Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten
Karawang
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz di bangun di atas
struktur tanah yang kuat sehingga aman dari terjadinya longsor dan terhindar
dari datangnya banjir, karena terletak di dataran tinggi yang hijau dari
pohon-pohon rindang dan tidak datar antara lokasi Raudhatul Athfal Insan
Al-Mumtaz dan lokasi disekitarnya sehingga tidak memungkinkan air bertumpuk di
satu lokasi.
Dalam sejarahnya lokasi Raudhatul Athfal Insan
Al-Mumtaz belum pernah mengalami terjadi bencana alam lainnya
seperti gempa bumi, angin puting peliung, letusan gunung merapi, dan kebakaran
hutan, karena itu lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat representatif
dan kondusif untuk dijadikan tempat belajar bagi masyarakat sekitarnya.
- Ramah Lingkungan
Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa lokasi Raudhatul
Athfal Insan Al-Mumtaz jauh dari kebisingan kota begitupun pola hidup
masyarakat sekitarnya tidak seperti pola hidup masyarakat kota. Pola hidup
masyarakat di lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat kurang dalam
menggunakan sumber daya alam dan harta pribadi. Mereka menggunakan sumber daya
alam dan harta pribadi sekedar memenuhi kebutuhan mereka yang tidak banyak.
Lingkungan sekitar lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz
sangat ramah lingkungan dilihat dari aktifitas penduduknya yang jauh dari
kesibukan penggunaan transportasi bermotor, sehingga udara di sekitar Raudhatul
Athfal Insan Al_Mumtaz 90% bersih dari polusi, dan lingkungannya tidak tercemar
limbah karena bukan daerah industri dan bukan daerah pertambangan yang
mengganggu ekosistem lingkungan hidup dengan kegiatan penebangan pohon dan
kebisingan alat-alat pertambangan yang digunakan.
Penggunaan energi di sekitar lokasi Raudhatul Athfal Insan
Al-Mumtaz hanya dalam sektor transportasi dan rumah tangga. Energi yang
digunakan dalam rumah tangga masih rendah dilihat dari peralatan rumah tangga
yang tidak banyak menggunakan energi elektronik yang butuh listrik, gas dan
batu bara. Dapat digambarkan kehidupan penduduk sekitar sekitar lokasi
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz 80% berjalan secara alami dengan maksud
menjalani kehidupan mereka dengan cara yang konsisten dengan keberlanjutan, keseimbangan alam dan menghargai hubungan simbiosis
antara manusia dengan ekologi dan siklus alam.
E.
Keberadaan Madrasah dalam Perspektif
Ekologis
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz di bangun dengan
memperhatikan ekosistem lingkungan sekitar agar terjadi interaksi konstruktif
dan saling mempengaruhi demi kebaikan satu sama lain. Pendirian Raudhatul
Athfal Insan Al-Mumtaz tidak menjadi gangguan fungsi satu atau beberapa unsur
dalam sistem yang akan memberi dampak negatif terhadap fungsi sub sistem yang
lain. Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz dan alam sekitar sebagai suatu sistem
yang membentuk suatu jaringan kehidupan. Posisi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz
tidak mengabaikan peran makhluk lainnya, juga tidak memandang Raudhatul Athfal Insan
Al-Mumtaz berada di luar sistem, tetapi bagian dari suatu ekosistem. Keserasian
hubungan antara Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz dan lingkungannya dipelihara
untuk mempertahankan sistem ekologis.
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz yang letak
giografisnya di dataran tinggi dan pedesaan memiliki sumber daya alam pertanian
dan perkebunan mendatang menjadi tumpuan harapan penduduk. Pembangunan
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz bertujuan memberikan kontribusi pembangunan
budaya, skill, dan ilmu pengetahuan melalui pendidikan demi terciptanya sumber
daya manusia yang berkualitas yang bisa memanfaatkan sumber daya alam dengan
baik sehingga terjadi interaksi positif dan harmonis antara manusia dan
alamnya.
Berdirinya Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz tidak
menjadi gangguan yang menyebabkan perubahan fungsi komponen-komponen lingkungan
hidup dan sumber daya alam lainnya. Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz memelihara
proses ekologis yang esensial sebagai bagian dari upaya keseimbangan ekosistem
dan daya dukung lingkungan. Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz berkomitmen untuk
memelihara dan melestarikan potensi kekayaan sumber daya alam dan lingkungan
dari berbagai macam ancaman.
Tanah lokasi Sebelum di bangun gedung
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz digunakan untuk perkebunan. Kemudian dibangun
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz yang terletak di antara area pemukiman
penduduk, dapat di gambarkan batas-batas lokasi sebagai berikut:
- Sebelah Utara di
batasi oleh pemukiman penduduk
- Sebelah Timur di
batasi oleh sungai, jalan raya dan pemukiman penduduk
- Sebelah Selatan
di batasi Pemukiman Penduduk
- Sebelah Barat di
batasi Pemukiman Penduduk
F.
Prospek Pendaftaran
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz terletak di Dusun
Cermin Barat . Yang mana dusun tersebut tidak mempunyai lembaga pendidikan
formal Swasta kecuali Yayasan Insan Al-Mumtaz yang menaungi Raudhatul
Athfal Insan Al-Mumtaz yang menjadi tumpuan pendidikan bagi generasi penduduk
kampung di dusun tersebut.
Dari data tersebut ketersediaan siswa yang akan
mendaftar masuk ke Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat mencukupi. Raudhatul
Athfal Insan Al-Mumtaz akan menjadi tempat belajar bagi anak-anak berumur 4–6
tahun. Jumlah siswa yang telah di tampung di Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz 15
siswa. Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz berdiri di bawah naungan Yayasan Insan Al-Mumtaz.
G. Kebutuhan
masyarakat terhadap lulusan
1.
Kebutuhan masyarakat terhadap lulusan madrasah.
Untuk
memberikan jaminan bahwa setiap warga masyarakat Kertagena Daya dapat
memperoleh pendidikan setinggi-tingginya, perlu adanya pendidikan yang
menampung lulusan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi
dengan demikian seluruh
masyarakat akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pendidikan sesuai
dengan cita-cita proklamasi yang dituangkan di dalam pembukaan UUD 45 yaitu
upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Undang-Undang nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 5 ayat(1) menyatakan :
“Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang
bermutu”.
Untuk
terpenuhinya hak tersebut masyarakat memerlukan lembaga pendidikan yang bisa
mendidik putra-putrinya dengan akses yang lebih cepat, mudah dan murah. Dengan
demikian masyarakat sangat apresiatif terhadap didirikannya RA.Insan
Al_Mumtaz. Masyarakat sekitar sangat membutuhkan madrasah yang dekat agar dapat
meringankan biaya putra-putrinya dan tidak kesulitan untuk pergi sekolah.
Adapun bentuk apreasi masyarakat sebagai berikut:
ü Masyarakat menghadiri pertemuan
undangan dari sekolah.
ü Anggota madrasah menjadi pembicara
di luar madrasah dengan masyarakat.
ü Masyarakat menjadi pengurus
organisasi di madrasah.
ü Madrasah menjadikan orang tua
sebagai partner pendidik.
ü Menjalin komunikasi yang interaktif
antara masyarakat dan madrasah.
2.
Dukungan masyarakat sekitar keberadaan lokasi madrasah
Unsur-unsur
masyarakat yang menjalin kerjasama dengan RA.Insan Al_Mumtaz diantaranya
adalah orang tua siswa, warga, dan lembaga masyarakat sekitar madrasah, tokoh
masyarakat, lembaga agama, organisasi kemasyarakatan, pemerintah setempat,
petugas keamanan dan ketertiban, sesama lembaga madrasah dan sekolah,
pengusaha, pedagang dan industri. Oleh karena RA.Insan Al-Mumtaz berada di
dalam masyarakat, maka RA.Insan Al-Mumtaz siap merespon masukan dan umpan balik
dari masyarakat demi berlangsungnya pendirian RA.Insan Al-Mumtaz.
Keterlibatan
orang tua sebagai bentuk peran serta masyarakat itu dibentuk dalam wadah
komite. Salah satu cara memfungsikan masyarakat sebagai stakeholder tersebut
adalah dengan menggunakan prinsip perwakilan, yaitu memilih sejumlah kecil dari
seluruh anggota masyarakat untuk melaksanakan fungsi-fungsi kontrol, pemberi
masukan, pemberi dukungan, serta fungsi mediator antara masyarakat dengan
lembaga-lembaga pendidikan.
H. Demografi
anak usia sekolah dengan ketersediaan lembaga pendidikan formal
1. Gambaran perbandingan jumlah anak
usia sekolah didaerah sekitar lokasi madrasah dalam radius 6 km terhadap
ketersediaan lembaga pendidikan formal sederajat.
Untuk
menjaga keberlangsung kegiatan pendidikan saat sekarang dan masa yang akan
datang maka RA.Insan Al-Mumtaz mengkaji demografi anak usia sekolah yang akan
di tampung di RA.Insan Al-Mumtaz.
Letak
RA.Insan Al-Mumtaz ada di Perbatasan Desa dan Kecamatan. Jadi anak didik yang
masuk ke RA.Insan Al-Mumtaz bermukim di dua Desa dan Kecamatan . Jumlah
penduduk di Desa Sukakerta 4834 Jiwa (Seuai dengan Statistik Penduduk
Desa Sukakerta) sedangkan dari Desa Sukajaya berjumlah 4150 jiwa.
Berdasar
data kepala Desa Sukakerta jumlah anak sekolah dari tingkatan MI / SD
berjumlah 150 jiwa. Dengan demikian jumlah anak usia sekolah
dilokasi RA.Insan Al-Mumtaz dan RA di sekitarnya masih mencukupi untuk
ditampung dalam satuan pendidikan saat sekarang dan yang akan datang. Kendati
demikian pendaftar yang masuk ke RA.Insan Al-Mumtaz bukan hanya dari Desa-desa
terdekat saja bisa saja dari desa lain bahkan kabupaten lain, insya Allah kalau
mutu pendidikan yang kita berikan terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat
- Madrasah mempunyai daya
tampung peserta didik yang mencukupi.
Pada
saat ini RA pada tahun pertama ini sanggup menampung maksimal 30 0rang peserta
didik dengan RKB yang dimiliki oleh yayasan saat ini, dengan berdirinya RA ini
bisa memberi akses yang mudah bagi masyarakat yang ingin menyekolah kan
Anaknya.
Gambaran
keadaan Anak yang akan bersekolah setiap tahunnya melebihi ratusan yang akan
bersekolah setiap tahunnya namun, karena susahnya aksen jalan ke sekolah yang
mereka masuki sehingga menumpuk hanya di beberapa sekolah yang membuat peserta
didik yang belajar tidak memperoleh hasil yang maksimal dari sekoah yang akan
di masukinya.
I. Penutup
Demikian
proposal permohonan Surat Izin Operasional RA. INSAN AL-MUMTAZ Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan
Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat. Dengan harapan semoga Bapak Kepala Kantor Kementrian
Agama Kabupaten Karawang Cq. Mapenda dapat merealisasikan maksud kami. Sebelum
dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih dan kami ucapkan semoga segala amal
dan usaha kita mendapatkan berkah dari Allah SWT. Amiin.
Karawang,
27 Pebruari 2019
Pengurus
Yayasan Baiturrohim Assalafi
Sukakerta
- Karawang
Ketua Umum
|
Sekretaris
|
Terimakasih Semoga tercatat sebagai amal ibadahnya amiiiiin
BalasHapusterimakasih semoga semakin suskses
BalasHapus