Langsung ke konten utama

RA INSAN AL-MUMTAZ, Proposal Ijin Operasional

YAYASAN INSAN AL-MUMTAZ KARAWANG
RAUDHATUL ATHFAL INSAN AL-MUMTAZ SUKAKERTA
Alamat : Dusun Cermin Barat Rt 003 Rw 001 Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang, 41384, HP. 0856 1221 366

PROPOSAL
PENDIRIAN RAUDHATUL ATHFAL
INSAN AL-MUMTAZ


STUDI KELAYAKAN PENDIRIAN RAUDHATUL ATHFAL
INSAN AL-MUMTAZ

Nama Madrasah yang akan didirikan : Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz
Nama Calon Kepala Madrasah           : Anwar Musyaddat, M.Pd.I
Alamat Kepala Madrasah                   : Desa Rawagempol Kulon
Alamat madrasah                                : Dusun Cermin Barat RT 03 RW 01  Desa Sukakerta
  Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang
Nama Yayasan penyelenggara            : Yayasan Insan Al-Mumtaz Karawang
Alamat Yayasan penyelenggara          : Desa Sukakerta
Nama Notaris Pembuat Akte              : H. LUTFI EFFENDI, SH.,M.Kn

A.  Latar Belakang dan Tujuan
Latar Belakang
Salah satu penyebab merosotnya kualitas Masyarakat Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, yang dalam hal ini dapat diartikan sebagai kurang efektivitasnya proses pembelajaran yang dikembangkan di sebuah lembaga. Penyebabnya adalah berasal dari siswa itu sendiri, metode yang diterapkan, lingkungan belajar dan faktor lainnya. Minat motivasi siswa yang rendah kemudian keterbatasan sarana dan prasarana akan menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif dan efesien yang endingnya akan memberikan dampak negatif bagi output lembaga yang bersangkutan.
Anak merupakan amanah yang harus mendapatkan perhatian, terutama dalam hal pendidikan. Peran aktif orang tua, sekolah dan lingkungan sekitar sangat dibutuhkan karena setiap anak yang dilahirkan adalah fitrah dan suci. Maka untuk menjaga fitrah yang dibekalkan tersebut diperlukan adanya pendidikan.
Anak pada usia pra-sekolah sangat potensial dalam menerima dan menangkap semua informasi dan pengaruh lingkungan sekitar. Oleh karena itu, dalam usia pra-sekolah dibutuhkan adanya lembaga pendidikan yang mampu membina akal, mental, jasmani dan rohani yang sesuai dan terarah.
Mendirikan, membina dan mengembangkan lembaga Pendidikan formal dan Non formal yang efektif dan efisien, merupakan kewajiban kita bersama sesuai dengan cita-cita dan tujuan Pendidikan Nasional yakni pembangunan pendidikan diarahkan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia serta meningkatkan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan.
Menyadari akan pentingnya hal tersebut dan didorong oleh tanggung jawab terhadap pembinaan anak menuju generasi yang diinginkan dimasa yang akan datang. Maka atas dasar musyawarah mufakat Yayasan Baiturrohim Assalafi yang berada di Dusun Cermin Barat RT 05 RW 02 Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang, Berinisiatif untuk mendirikan Raudhatul Athfal (RA) “Insan Al-Mumtaz” yang  beralamat di Dusun Cermin Barat RT 03 RW 01 Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Dan bermaksud mengajukan permohonan Izin operasional Pendidikan  RA/TK agar dalam penyelenggaraannya memperoleh pengakuan secara hukum.
Tujuan Pendirian
RA/TK “Insan Al-Mumtaz” Dusun Cermin Barat RT 03 RW 01 Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang ini mempunyai tujuan :
  1. Membantu Pemerintah dalam bidang Pembinaan mental spiritual sejak usia dini
  2. Membantu Pemerintah dalam usaha Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dengan memajukan Pendidikan Agama dan Umum.
  3. Membantu Pemerintah dalam menyiapkan kader-kader bangsa yang bermoral dan berakhlaqul karimah (Berkarakter).
  4. Membina dan mengantarkan rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat sekitar pada khususnya pada pendidikan yang lebih bermutu, berwawasan luas, berakhlaqul karimah dalam rangka usaha mencerdaskan kehidupan anak bangsa dan tercapainya tujuan pendidikan nasional.
  5. Menindak lanjuti cita-cita pendidikan formal yang ada di Yayasan Baiturrohim Assalafi dari usia dini hingga perguruan tinggi.

B.  Bentuk dan Nama Madrasah
Adapun nama dan bentuk lembaga pendidikan ini adalah sebagai berikut:
  1. Lembaga pendidikan formal yang diberi nama Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz yang selanjutnya disingkat RA. Insan Al-Mumtaz.
  2. Raudhatul Athfal berlokasi di bawah naungan Yayasan Baiturrohim Assalafi yang berada di Dusun Cermin Barat RT 05 RW 02 Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang
  3. Pada prinsipnya Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz didirikan sejak tahun 2017 dan telah beroperasi pada tanggal 10 Juli 2017 tahun pelajaran 2017-2018 walaupun secara prosedural idzin opertasional belum turun.
  4. Bentuk logo RA Insan Al_Mumtaz adalah:
Makna dari Logo RA INSAN AL_MUMTAZ
     Rumah sebagai suatu hal yang bisa menciptakan kenyamanan, kehangatan, dan kebahagiaan dalam hati.
      Daun warna Hijau melambangkan arah kepemimpinan yang tegas, berintegritas, dan terarah menuju pertumbuhan Raudhatul Athfal yang sehat dan dinamis dengan semangat sholat lima waktu.
         Kitab / Buku melambangkan Kemauan peserta didik RA Insan Al_Mumtaz untuk belajar dengan giat demi kemajuan dan kesuksesan di dunia dan akherat
          Tulisan Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz melambangkan sebagai Nama Lembaga Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz
         Bintang warna kuning symbol lapisan langit, artinya seluruh ilmu yang dikembangkan bertujuan utama membuka ruang-ruang langit, menuju cahaya asrsy tempat bersemayamnya Allah SWT sang pemilik Ilmu

C.      Gambaran Tata Ruang Lokasi Madrasah
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat menjamin keamanan warga sekolah dari terjadinya  ancaman bahaya dan kecelakaan. Keamanan Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz meliputi lingkungan madrasah yang kondusif (gedung sekolah, kelas, perpustakaan, ruang bermain, peralatan dan halaman), serta warga sekitar yang harmonis. Warga Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sebisa mungkin selalu berusaha menciptakan keamanan dan menjaga sekolah dari segala kemungkinan buruk yang akan terjadi kepada fisik maupun psikis warga madrasah dengan membentuk tim keamanan Madrasah.
Keamanan Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz dilihat dari struktur bangunannya masih kuat dan kokoh, jauh dari kemungkinan terjadinya insiden kecelakaan akibat bangunan rusak seperti benda-benda yang jatuh, termasuk bahan-bahan berbahaya, baik di dalam maupun di luar bangunan. Sarana dan prasarana yang baik yang mampu melindungi warga sekolah dan lingkungan disekitarnya dari bahaya bencana. Desain ruangan madrasah memudahkan untuk mengevakuasi orang dalam keadaan darurat secara aman dari dalam bangunan ke tempat yang lebih aman (pintu cukup, mudah dibuka, jalan darurat).
Lingkungan Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat bersih dengan menyediakan tempat pembuangan sampah berupa tong-tong sampah dan tempat pengumpulan sampah akhir yang dijaga petugas kebersihan Madrasah. Selain itu disediakan juga sistem sumur resapan air untuk mengaliri air hujan agar tidak menjadi genangan air yang dapat menjadikan kotor lingkungan Madrasah, atau bahkan membahayakan apabila didiami oleh jentik-jentik nyamuk.
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz mempunyai lingkungan yang bersih, sehat serta indah dengan dihiasi tanaman-tanaman hias, dan pohon-pohon rindang yang menyejukkan. Adapun kriteria Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sebagai berikut:
  1. Kepadatan ruang kelas yang nyaman dan memberi ruang gerak yang cukup bagi siswa, kondisi kelas yang tidak padat sehingga memudahkan prosedur evakuasi saat keadaan darurat.
  2. Tingkat kebisingan di lingkungan sekolah 45 desibel (setara dengan suara orang mengobrol dengan suara normal)
  3. Memiliki lapangan olah raga.
  4. Memiliki lingkungan sekolah yang bersih, rindang dan nyaman.
  5. Memiliki sumber air bersih yang memadai.
  6. Memiliki ventilasi kelas yang memadai.
  7. Pencahayaan kelas yang memadai (harus cukup terang).
  8. Memiliki toilet dan kamar mandi bersih.
  9. Menerapkan kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah.

D.   Gambaran Kondisi Geografis Lokasi Madrasah
  1. Aman Dari Bencana
Lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat strategis dipandang dari salah satu faktor pendidikan, yaitu lingkungan yang representatif, aman dan jauh dari keributan dan kebisingan seperti halnya di kota, madrasah ini terletak jauh dari keramaian kota, kurang lebih 30 km dari kabupaten tepatanya lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz berada di Dusun Cermin Barat RT 05 RW 02 Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz di bangun di atas struktur tanah yang kuat sehingga aman dari terjadinya longsor dan terhindar dari datangnya banjir, karena terletak di dataran tinggi yang hijau dari pohon-pohon rindang dan tidak datar antara lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz dan lokasi disekitarnya sehingga tidak memungkinkan air bertumpuk di satu lokasi.
Dalam sejarahnya lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz belum pernah mengalami terjadi bencana  alam lainnya seperti gempa bumi, angin puting peliung, letusan gunung merapi, dan kebakaran hutan, karena itu lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat representatif dan kondusif untuk dijadikan tempat belajar bagi masyarakat sekitarnya.
  1. Ramah Lingkungan
Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz jauh dari kebisingan kota begitupun pola hidup masyarakat sekitarnya tidak seperti pola hidup masyarakat kota. Pola hidup masyarakat di lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat kurang dalam menggunakan sumber daya alam dan harta pribadi. Mereka menggunakan sumber daya alam dan harta pribadi sekedar memenuhi kebutuhan mereka yang tidak banyak.
Lingkungan sekitar lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat ramah lingkungan dilihat dari aktifitas penduduknya yang jauh dari kesibukan penggunaan transportasi bermotor, sehingga udara di sekitar Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz 90% bersih dari polusi, dan lingkungannya tidak tercemar limbah karena bukan daerah industri dan bukan daerah pertambangan yang mengganggu ekosistem lingkungan hidup dengan kegiatan penebangan pohon dan kebisingan alat-alat pertambangan yang digunakan.
Penggunaan energi di sekitar lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz hanya dalam sektor transportasi dan rumah tangga. Energi yang digunakan dalam rumah tangga masih rendah dilihat dari peralatan rumah tangga yang tidak banyak menggunakan energi elektronik yang butuh listrik, gas dan batu bara. Dapat digambarkan kehidupan penduduk sekitar sekitar lokasi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz 80% berjalan secara alami dengan maksud menjalani kehidupan mereka dengan cara yang konsisten dengan keberlanjutan, keseimbangan alam dan menghargai hubungan simbiosis antara manusia dengan ekologi dan siklus alam.

E.       Keberadaan Madrasah dalam Perspektif Ekologis
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz di bangun dengan memperhatikan ekosistem lingkungan sekitar agar terjadi interaksi konstruktif dan saling mempengaruhi demi kebaikan satu sama lain. Pendirian Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz tidak menjadi gangguan fungsi satu atau beberapa unsur dalam sistem yang akan memberi dampak negatif terhadap fungsi sub sistem yang lain. Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz dan alam sekitar sebagai suatu sistem yang membentuk suatu jaringan kehidupan. Posisi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz tidak mengabaikan peran makhluk lainnya, juga tidak memandang Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz berada di luar sistem, tetapi bagian dari suatu ekosistem. Keserasian hubungan antara Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz dan lingkungannya dipelihara untuk mempertahankan sistem ekologis.
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz yang letak giografisnya di dataran tinggi dan pedesaan memiliki sumber daya alam pertanian dan perkebunan mendatang menjadi tumpuan harapan penduduk. Pembangunan Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz bertujuan memberikan kontribusi pembangunan budaya, skill, dan ilmu pengetahuan melalui pendidikan demi terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas yang bisa memanfaatkan sumber daya alam dengan baik sehingga terjadi interaksi positif dan harmonis antara manusia dan alamnya.
Berdirinya Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz tidak menjadi gangguan yang menyebabkan perubahan fungsi komponen-komponen lingkungan hidup dan sumber daya alam lainnya. Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz memelihara proses ekologis yang esensial sebagai bagian dari upaya keseimbangan ekosistem dan daya dukung lingkungan. Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz berkomitmen untuk memelihara dan melestarikan potensi kekayaan sumber daya alam dan lingkungan dari berbagai macam ancaman.
Tanah lokasi Sebelum  di bangun gedung Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz digunakan untuk perkebunan. Kemudian dibangun Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz yang terletak di antara area pemukiman penduduk, dapat di gambarkan batas-batas lokasi sebagai berikut:
  1. Sebelah Utara di batasi oleh pemukiman penduduk
  2. Sebelah Timur di batasi oleh sungai, jalan raya dan pemukiman penduduk
  3. Sebelah Selatan di batasi Pemukiman Penduduk
  4. Sebelah Barat di batasi Pemukiman Penduduk

F.   Prospek Pendaftaran
Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz terletak di Dusun Cermin Barat . Yang mana dusun tersebut tidak mempunyai lembaga pendidikan formal Swasta kecuali Yayasan Insan Al-Mumtaz yang menaungi Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz yang menjadi tumpuan pendidikan bagi generasi penduduk kampung di dusun tersebut.
Dari data tersebut ketersediaan siswa yang akan mendaftar masuk ke Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz sangat mencukupi. Raudhatul Athfal Insan Al-Mumtaz akan menjadi tempat belajar bagi anak-anak berumur 4–6 tahun. Jumlah siswa yang telah di tampung di Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz 15 siswa. Raudhatul Athfal Insan Al_Mumtaz berdiri di bawah naungan Yayasan Insan Al-Mumtaz.

G. Kebutuhan masyarakat terhadap lulusan
1.           Kebutuhan masyarakat terhadap lulusan madrasah.
Untuk memberikan jaminan bahwa setiap warga masyarakat Kertagena Daya dapat memperoleh pendidikan setinggi-tingginya, perlu adanya pendidikan yang menampung lulusan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dengan demikian seluruh masyarakat  akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pendidikan sesuai dengan cita-cita proklamasi yang dituangkan di dalam pembukaan UUD 45 yaitu upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.  Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.  Pasal 5 ayat(1) menyatakan : “Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu”.
Untuk terpenuhinya hak tersebut masyarakat memerlukan lembaga pendidikan yang bisa mendidik putra-putrinya dengan akses yang lebih cepat, mudah dan murah. Dengan demikian masyarakat sangat apresiatif terhadap didirikannya  RA.Insan Al_Mumtaz. Masyarakat sekitar sangat membutuhkan madrasah yang dekat agar dapat meringankan biaya putra-putrinya dan tidak kesulitan untuk pergi sekolah. Adapun bentuk apreasi masyarakat sebagai berikut:
ü Masyarakat menghadiri pertemuan undangan dari sekolah.
ü Anggota madrasah menjadi pembicara di luar madrasah dengan masyarakat.
ü Masyarakat menjadi pengurus organisasi di madrasah.
ü Madrasah menjadikan orang tua sebagai partner pendidik.
ü Menjalin komunikasi yang interaktif antara masyarakat dan madrasah.
2.           Dukungan  masyarakat sekitar keberadaan lokasi madrasah
Unsur-unsur  masyarakat yang menjalin kerjasama dengan RA.Insan Al_Mumtaz  diantaranya adalah orang tua siswa, warga, dan lembaga masyarakat sekitar madrasah, tokoh masyarakat, lembaga agama, organisasi kemasyarakatan, pemerintah setempat, petugas keamanan dan ketertiban, sesama lembaga madrasah dan sekolah, pengusaha, pedagang dan industri. Oleh karena RA.Insan Al-Mumtaz berada di dalam masyarakat, maka RA.Insan Al-Mumtaz siap merespon masukan dan umpan balik dari masyarakat demi berlangsungnya pendirian RA.Insan Al-Mumtaz.
Keterlibatan orang tua sebagai bentuk peran serta masyarakat itu dibentuk dalam wadah komite. Salah satu cara memfungsikan masyarakat sebagai stakeholder tersebut adalah dengan menggunakan prinsip perwakilan, yaitu memilih sejumlah kecil dari seluruh anggota masyarakat untuk melaksanakan fungsi-fungsi kontrol, pemberi masukan, pemberi dukungan, serta fungsi mediator antara masyarakat dengan lembaga-lembaga pendidikan.

H.      Demografi anak usia sekolah dengan ketersediaan lembaga pendidikan formal
1. Gambaran perbandingan jumlah anak usia sekolah didaerah sekitar lokasi madrasah dalam radius 6 km terhadap ketersediaan lembaga pendidikan formal sederajat.
Untuk menjaga keberlangsung kegiatan pendidikan saat sekarang dan masa yang akan datang maka RA.Insan Al-Mumtaz mengkaji demografi anak usia sekolah yang akan di tampung di RA.Insan Al-Mumtaz.
Letak RA.Insan Al-Mumtaz ada di Perbatasan Desa dan Kecamatan. Jadi anak didik yang masuk ke RA.Insan Al-Mumtaz bermukim di dua Desa dan Kecamatan . Jumlah penduduk di Desa Sukakerta 4834 Jiwa  (Seuai dengan Statistik Penduduk Desa Sukakerta) sedangkan dari Desa Sukajaya  berjumlah 4150 jiwa.
Berdasar data kepala Desa Sukakerta  jumlah anak sekolah dari tingkatan MI / SD berjumlah 150  jiwa. Dengan demikian  jumlah anak usia sekolah dilokasi RA.Insan Al-Mumtaz dan RA di sekitarnya masih mencukupi untuk ditampung dalam satuan pendidikan saat sekarang dan yang akan datang. Kendati demikian pendaftar yang masuk ke RA.Insan Al-Mumtaz bukan hanya dari Desa-desa terdekat saja bisa saja dari desa lain bahkan kabupaten lain, insya Allah kalau mutu pendidikan yang kita berikan terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat
  1. Madrasah  mempunyai daya tampung peserta didik yang mencukupi.
Pada saat ini RA pada tahun pertama ini sanggup menampung maksimal 30 0rang peserta didik dengan RKB yang dimiliki oleh yayasan saat ini, dengan berdirinya RA ini bisa memberi akses yang mudah bagi masyarakat yang ingin menyekolah kan Anaknya.
Gambaran keadaan Anak yang akan bersekolah setiap tahunnya melebihi ratusan yang akan bersekolah setiap tahunnya namun, karena susahnya aksen jalan ke sekolah yang mereka masuki sehingga menumpuk hanya di beberapa sekolah yang membuat peserta didik yang belajar tidak memperoleh hasil yang maksimal dari sekoah yang akan di masukinya.

I.     Penutup
Demikian proposal permohonan Surat Izin Operasional RA. INSAN AL-MUMTAZ Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat. Dengan  harapan semoga Bapak Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karawang Cq. Mapenda dapat merealisasikan maksud kami. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih dan kami ucapkan semoga segala amal dan usaha kita mendapatkan berkah dari Allah SWT. Amiin.


Karawang, 27 Pebruari 2019
Pengurus Yayasan Baiturrohim Assalafi
Sukakerta - Karawang


Ketua Umum
Sekretaris













Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RA. INSAN AL-MUMTAZ DATA GURU

DATA PEGAWAI DAN TUGAS MENGAJAR RAUDHATUL ATHFAL INSAN AL-MUMTAZ NO NAMA GURU / NIP JABATAN JK TEMPAT TANGGAL LAHIR IJASAH MULAI BEKERJA KET 1 Anwar Musyaddat,M.Pd.I Kepala RA L Krw,02-12-1986 Magister(S2) Manajemen Pend.Islam 17/07/2016 2 Dedeh Kurnia, S.Pd Guru kelas P Krw,16-12-1994 Sarjana (S1) Psikologi Pendidikan 17/07/2016 3 Khoerunnisa, S.Pd Guru Kelas P Krw,30-06-1982 Sarjana (S1) PAI 17/07/2016 4 Nuryati, S.Pd.I Guru Kelas P Krw,05-12-1985 Sarjana (S1) PAI 17/07/2016 5 Siti Fatimahtu Zahro Tata Usaha P Krw, 01 -11 1996 SLTA 17/07/2016 6 Nina Nurjanah T...

RA.INSAN AL-MUMTAZ, VISI dan MISI

VISI  Terwujudnya manusia yang Berbudi, Terampil, Kreatif, Sehat, Cerdas, Ceria,  dan Berakhlak Islami Misi 1.   Melatih Kemandirian dan sikap Sosial Anak, 2.   Mengembangkan kemampuan bakat anak dan minat anak, 3.   Menanamkan gemar ibadah sejak dini, 4.   Melatih anak bertanggung jawab di sekolah dan di rumah 5.   Menumbuhkembangkan sikap perilaku dan amaliyah yang berdasarkan agama Islam, 6.   Melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, 7.   Menumbuhkan semangat belajar 8.   Mengupayakan peningkatan kesadaran masyarakat dalam memberikan layanan      pendidikan anak usia dini. Tujuan Lembaga adalah 1.   Membentuk siswa yang berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki, 2.   Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. 3.   Tercapainya program-program raudhatul athfal, 4.   Terlaksananya kehidupan sekolah...